Kelompok-kelompok Terkait Navalny Bertekad Melawan Meski Ada Larangan

1 week ago 25

Index Fajarpos.com (Index Media) -- Jakarta, Kelompok-kelompok Terkait Navalny Bertekad Melawan Meski Ada Larangan.

Kelompok anti-korupsi milik pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara Alexei Navalny berjanji untuk melanjutkan kiprahnya setelah pengadilan Rusia melarang organisasi-organisasi yang berafiliasi dengan Navalny dan mengkategorikannya sebagai “ekstremis.”

Yayasan Anti-Korupsi yang dipimpin oleh Navalny hari Kamis (10/6) mengatakan dalam cuitan di Twitter, “Kami akan terus memerangi korupsi!”

Keputusan Rabu (9/6) oleh pengadilan Moskow itu melarang orang-orang yang terkait dengan kelompok yang berafiliasi dengan Navalny mencalonkan diri untuk jabatan publik, termasuk menjadi anggota parlemen. Rusia akan mengadakan pemilihan parlemen pada bulan September mendatang.

Jaksa menuduh Navalny dan rekan-rekannya berusaha mengacaukan Rusia.

Departemen Luar Negeri Amerika mengutuk keputusan itu pada Rabu (9/6). “Kami mendesak Rusia untuk menghentikan penyalahgunaan sebutan “ekstremisme” untuk menarget organisasi-organisasi non-kekerasan, mengakhiri penindasannya terhadap Navalny dan para pendukungnya, dan menghormati kewajiban internasionalnya untuk menghormati dan menjamin adanya penghormatan terhadap HAM dan kebebasan yang mendasar,” kata juru bicara Ned Price dalam sebuah pernyataan.

“Rakyat Rusia, seperti semua orang, berhak untuk berbicara dengan bebas, membentuk asosiasi damai demi tujuan bersama, menjalankan kebebasan beragama, dan suara mereka didengar melalui pemilihan yang bebas dan adil.”

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Wendy Sherman mengatakan dia memperkirakan Presiden Joe Biden akan berbicara dengan Putin tentang peracunan Navalny dan masalah-masalah hak asasi manusia lainnya ketika mereka bertemu minggu depan di Jenewa. [lt/em]